Senin, 11 April 2011

Efek Substitusi Hicks dan Efek Substitusi Slutsky dalam teori konsumen.

Mengenai pembahasan Efek Substitusi Hicks dan Efek Substitusi Slutsky dalam teori konsumen akan dibahas lebih lanjut di paragraf bawah ini :

 Pengertian Efek Substitusi adalah perubahan keseimbangan jumlah yang di minta sebagai dampak dari perubahan harga relatif, sementara daya beli pendapatan tetap konstan. Perubahan kuantitas barang yang diminta dipengaruhi oleh dua hal yaitu efek substitusi dan efek pendapatan.

Efek subsitusi menurut :

Hicks : 
Berupa perubahan konsumsi barang dari titik equilibrium konsumen yang lama ke titik ekuilibrium konsumen dengan harga barang yang baru pada kurva tak-acuh yang sama.
 
Slutsky:   
Perubahan konsumsi barang dari titik ekuilibrium konsumen yang lama ke titik ekuilibrium konsumen yang baru yang merupakan titik singgung garis anggaran dengan harga relative yang baru yang melalui titik ekuilibrium konsumsi sebelum ada perubahan harga barang z.
 
Efek pendapatan menurut : 
 
Hicks :  
Jika terjadi perubahan pendapatan rill dan konsumen ingin mempertahankan kepuasan yang tetap sama dengan cara mengorbankan/ mengurangi barang lain dan tetap pada utilitas yang sama.

Slutsky:   
Pendapatan nyata tidak berubah apabila konsumen menggunakan kombinasi konsumsi seperti sebelum adanya perubahan harga.
 
Perbedaan utama adalah bahwa Hicks membuat utilitas konstan daripada menjaga daya beli konstan. Efek substitusi Slutsky memberikan konsumen uang hanya cukup untuk kembali ke tingkat lamanya konsumsi sementara Hicks memberikan konsumen hanya cukup uang untuk kembali ke kurva indiferen tuanya.

Persamaan dalam kedua teori tersebut adalah hasil pengukuran total price effect akan tetap sama walaupun memakai teori pendekatan Hicks maupun teori pendekatan Slutsky.

Melihat dari perubahaan pendapatan riil, teori pendekatan Hicks mungkin bisa dikatakan lebih tepat karena menggunakan konsepsi pendapatan nyata dalam artian pendapatan nyata yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar